Sabtu, 30 Oktober 2010

Ketenagakerjaan dan Pengangguran

ANGKATAN KERJA, TENAGA KERJA, KESEMPATAN KERJA, DAN PENGANGGURAN

            Tenaga kerja adalah penduduk dalam usia kerja  yang sedang mencari pekerjaan, diantaranya adalah mereka yang sudah bekerja, mereka yang sedang mencari pekerjaan, mereka yang bersekolah, dan mereka yang mengurus rumah tangga.
            Angkatan kerja adalah mereka yang memepunyai pekerjaan, baik sedang bekerja maupun yang sementara tidak sedang bekerja karena suatu hal, seperti petani yang sedang menunggu panen/hujan,karena  sakit, dan sebagainya.
Pengangguran adalah mereka yang tidak mempunyai pekerjaan tetapi sedang mencari pekerjaan /mengharapkan mendapatkan pekerjaan atau bekerja secara tidak optimal.
            Bukan angkatan kerja adalah mereka yang sedang bersekolah, mengurus rumah tangga tanpa mendapat upah, lanjut usia, cacat jasmani dan sebagainya, dan tidak melakukan suatu kegiatan yang dapat dimasukkan ke dalam kategori bekerja, atau mencari pekerjaan.
            Kesempatan kerja (demand for labour ) adalah kebutuhan akan tenaga kerja. Selain itu, kesempata kerja dapat didefinisikan sebagai suatu keadaan yang menggambarkan tersedianya lapangan kerja (pekerjaan) untuk diisi pencari kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar